ALUR PREPRODUKSI MULTIMEDIA
Tujuan
Sesuatu yang
dirumuskandenganjelasdanpadarumusantujuanperludirumuskantujuanumum yang
ingindicapaiolehsasaransetelahmengikuti program ayngakan di buat.
2. Audience / Pemirsa (target
audience)
Target Audience yang menjadisasaranutama program yang akan
di uat. Dalampelaksanaannya( perencanaannya) perlu di
tuliskansecarajelasuntuksiapa, misalnyauntuksiswa SLTP,
atauuntuksiswasekolahdasar.
3. Title Genre /Aliran /
Gaya Judul
Aliran / gaya yang akan di tampilkandalamsuatu program yang
akandibuat, misalnya :dalampembuatansuatu film, si film tersebutmengambil genre
horror.
4. Marketing requirement /
syaratpemasaran
Syarat-syarat yang akan di tempuhuntuknantinyamemasarkan
program yang akan di buat.
5. Budget Parameter /
Parameter anggaranpembiayaan
Perencanaananggarankeuangan( pembiayaan ) yang di
persiapkanuntukpembuatansuatu program.
6. Schedule Requirement /
Syarat yang ditempuhdlamdaftar
Syarat – syaratperencanaan( prosedurperencanaan ) yang
harusdipersiapkanuntukmembuatsuatu program.
DESIGN / Model / Pola
1. Story / conten / Servicw( Cerita / Isi /
Pelayanan )
Isi kandungan dalam cerita yang dibua tpola untuk pemrosesan
suatu program.
Pelayanan apa yang akan diberikan setelah jadinya suatu
program yang di buat.
2. Information Architectur( Arsitektur /
PerencanaanInformasi )
Perancangan informasi suatu program agar diketahui halayak akan
sebuah program yang akan di buat.
3. Visual and Sound ( Yangdapat di lihatdansuara )
Tampilan antara kualitas visual/gambar dan suara yang akan ditampilkan
dalam suatu program.
4. Technical /teknis
Teknis-teknis yang dipersiapkan sebelum memproduksi suatu
program.
5. Interaction / timbalbalik
6. Navigation / navigasi
Mengemudikan / sesuatu yang dapat memberikan arah atau minat
kita.
PRODUCTION PLAN /
PerencanaanProduksi
1. Storyboard / conten outline
Rangkaian kejadian yang telah dilukiskan kemudian divisualkan
dalam perangkat gambar atau sketsa sederhana pascakartu (dalampraproduksi).
2. Budgeting /penganggaran
Penganggaran pembiayaan yang lebih detail atau jelas dari
budget parameter
3. Scheduling/ pembuatanjadwal
Pembuatan jadwal guna pengefektifan waktu dalam menghasilkan
produksi suatu program.
4. Asset management
Pengatur asset / pemanfaatan asset yang kitamiliki yang di atur oleh seorang
manager ahli asset.
5. Testing / menguji
Menguji baik media atau pihak yang akan digunakan/ masuk dalam
suatu program produksi.
6. Staffing/susunan kepegawaian
Susunan kepagawaian /penyusunan susunan kepegawaian yang akan terlibat dalam proses pembuatansuatu
program.
DOCUMENTATION / DOKUMENTASI
1. Design / pola/ model
Model apa /gayaapa yang nantinyaakanditampilkanjikasuatu
program telahdibuatatau di produksi.
2. Production Plan / PerencanaanProduksi
Perencanaan-perencanaanapasaja yang tahap demi tahapnya akan
dilalui yang nantinya dalam pencapaian suatu program/produksi yang akan di
hasilkan.
ASSEMBLE TEAM / REGU/TIM
PASANGAN
1. Designer / Perancang
Pihak/seseorang yang
merencanakanperancangansebuahmutuuntukhasilproduksi. Dalam designer
inidiantaranyaada yang dikenaldengancostum designer
yaituseseorangbertugasmembuatataumemilihdantatakostum
2. Produser
Seorangpenyandangdanadalamsebuah film.
3. Technical designer / perancangteknik
Seorang yang berperandalam penyelarasan kostum, waktu yang
tertuang dalam suasanan produksi (waktusekarang / jamanlampau),
karakteristikaktordengancerita yang telah dipilih dan piñata teknik produksi dalam
pengambilan gambar untuk iklan/film.
4. Art Director / sutradaraSeni
Seorang asisten sutradara pembuatan produksi yang
memperhatikan administrasi, hal yang penting sehingga departemen produksi selalu
mengetahui perkembangan terbaru proses pengambilan hasil produksi. Bertanggung jawabakan
kehadiran actor/aktris pada saat dan tempat yang tepat, dan juga untuk melaksanakan
instruksi sutradara.
Atau biasa juga disebut sebagai pengarah artistic dari sebuah
produksi.
5. Audio Producer / ProduserSuara
Pihak yang sangat berperan dalam penyatuan dan penyelarasan suara dari berbagai macam jenis dan bentuk suara.
6. Writer and Editor PenulisdanPengedit/Redaktur
Writer adalah seorang yang bertugas menulis sebuah naskah dalam pembuatan
suatu program produksi yang akan di buat.
Editor adalahseseorang yang bertugas melakukan editing pada hasil pengambilan gambar dalam produksi atau sebutan
bagi seseorang yang berprofesi sebagai ahlipemotongan gambar video dan audio.
7. Graphis artist / garfikartis
Seseorang yang merancangdanmencetak
8. Cameramen / kameramen
Bertugasmengambilgambilataumengoperasikankamerasaat shooting
pembuatan program produksi.
9. Programmers/programmer
Pihak yang bertugasmenyusunpemrogramansuatu program yang
akan di produksi.
10. Composer/sound engineer/musicians
(perubah/pengatursuara/pemain music)
Sebutan bagi pihak dalam pengerjaan dan pembagian kerja dalam
masalah teknis suara.
11. Content specialist / ahliisi
Pihak atau seseorang yang mempunyai keahlian dalam penyusunan
content/isi yang akan di tampilkan dalam suatu program yang nantinyaakan di
produksi.
12. Technical assistant / asistenteknik
Seorang pembantu dalam penerapan teknik-teknik dalam suatu
program baik dar teknik pengambilan gambar, pemrosesan suara dan lainnya.
13. Production assistant / asistenproduksi
Seseorang yang mempunyai
jabatan di dalam pembuatan film dan televise dan seseorang yang
bertanggung jawab untuk berbagai aspek suatu produksi
14. Lawyer (advokat/pengacara)
Pihakatauseseorang yang mempunyaikeahliandalambidang hokum,
khususdalamhalinipengacarabertugassebagaiseseorang yang member bantuan hokum,
apabilasuatusaatadamasalahdenganhalproduksi.
BUILDING PROTOYIPE / MEMBANGUN
BENTUK ASLI
1. Test out design direction
2. Prove our new technology
component
Dalamhalininantinyaadapembuktiandaripihak-pihakpembuatsuatu
program
bahwaakanmemunculkansuatuinovasidanteknologibarukepadahalayakuntukdapatdinikmati.
3. Brainstorming
/pengungkapan pendapat
Hak para pihak-pihakuntukmengajukanusulan-usulanapa yang
nantinyaituangkanuntukmembangunsebuah program / menentukan ide program.
CLEAR RIGHT / KEBENARAN GAMBLANG
Maksud dalam hal ini yaitu bahwa semua segala sesuatu kebenarannya gamblang,
yaitu telah disepakati oleh pihak-pihak terkait dalam proses praproduksi dari mulai
concept definition sampai building prototype (isidaripoin-poinnya). Suatu produk
baru harus memiliki hak cipta agar tidakdibajak ole orang lain dan untuk membuktikan
kepemilikan suatu produk.
CLIENT SIGN –OFF AND FUNDING
Penandatangan kontrak dan pembiayaan
Proses Production
1. Content Creation/ Ciptaan Isi
Maksudnya dalam hal ini dalam proses produksi, jadi semua ciptaankreasi
isi yang ditampilkan perlu adanya kreativitas tinggi untuk menciptakan sebuah isi
ciptaan yang sesuai dengan yang telah di konsep sebelumnya.
2. Graphics / grafik
Adalah garisan, bulatan, kotak, bayangan, warna dll yang
dibinadengan program melukis
3. Teks / tek
Kombinasi dari beberapa huruf yang membentuk sebuah kata
atau ayat yang perkataan itu menerangkan atau membincangkan suatu topic dan
topic itu di kenal dengan informasi teks.
4. Animations / animasi
Adalah paparan urutan lakaran yang di setiap satunya terdapat
sedikit perbedaan yang menghasilkan satu pergerakan secara berterusan.
5. Video
Adalah media digital yang menunjukan susunan / urutan gambar-gambar
yang memberikanilusi, gambaran, sertafantasikepadagambar yang bergerak.
6. Visual effect
Special efek di dalam motion picture, merupakanteknikkamera
yang membuatilusipadapikiranpenonton. Contoh pada umumnya menggunakan teknik
rear-screens projections atau gambar yang berada yang berada di belakang actor,
objek miniature yang terlihat ukurannya sesuai dengan aslinya dan teknik animasi
yang membuat makhluk terlihat realistis.
7. Sound effect
Merupakan suaru-suara yang dapat memberikan gambaran suasana
atau latar baik waktu, tempat maupun suasana kegiatan atau peristiwa.
8. Music
Perpaduanbunyi yang mempunyaiartidannilaiartistik yang
tinggi.
2. Production
Adalah proses pelaksanaan produksi (shoting) yang mengacu pada persiapan yang dihasilkan
dari proses PreProduction.
A. Directing/Penyutradaraan.
Sutradara/Director adalah orang yang memimpin pelaksanaan shoting dan bertugas
mengatur bagaimana tim dalam pembuatan film seperti: aktor, cameramen, lighting,
artistik, editor & special effect artist harus tampil sebagaimana mestinya dalam
pembuatan sebuah film sesuai dengan script/naskah. Dan biasanya didamping oleh satu
orang atau lebih asisten sutradara.
B. Penguasaan Kamera & Teknik Shoting.
Anggle
Adalah sudut pandang pengambilan gambar yang dapat dilihat dari viewfinder pada
sebuah kamera film/video. Dimana pemilihan anggel sangat berperan penting dalam
menciptakan unsur artistik dan pemahaman cerita dalam pengadeganan sesuai dengan
script/naskah.
Lighting/Pencahayaan
Dalam sebuah proses pengambilan gambar diperlukan adanya aset pencahayaan yang
memadai. Baik itu didapat dari sumber natural (sinar matahari) pada shoting
exterior/luar ruang, ataupun melalui bantuan sinar lampu pada shoting interior/dalam
ruang.
Komposisi
Merupakan teknik pengaturan posisi gambar, ukuran & kedalaman ruang, perspektif &
mood adegan untuk menghasilkan citra sesuai dengan tuntutan script/naskah.
Log/Catatan Shoting
Diperlukan adanya log/catatan yang dibuat menjelaskan penandaan setiap gambar peradegan
yang sudah selesai diambil, dilengkapi dengan keterangan koordinat waktu
(timecode) pada kaset yang digunakan. Proses ini akan sangat membantu mempercepat
proses pengeditan gambar.
3.Post Production
Adalah proses penyelesain akhir (finishing) dari sebuah rangkaian produksi (shoting) yang
meliputi mengeditan gambar, penambahan title, grafik, animasi & special effects, musik, sound
effects, audio dubing, & output ke media video seperti: Betacam, DVCAM, MiniDV, & CD/DVD.
Video Standart : PAL,D1/DV
Frame Size : 720 X 576 (pixel)
Frame Rate : 25 fps
Pixel Aspect Ratio : D1/DV,PAL (4:3/1,067)
Audio : 48 kHz 16 Bit Stereo
Pembagian tahap Post Production
1. Offline :
- Capture
- Edit
2. Online :
- Compositing
- Motion Graphic
- Visual Effects
- Color Grading
- Music & Sound FX
- Titling
- 3D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar