Social Icons

Senin, 07 Januari 2013

Allur Definisi Produk MULTIMEDIA


ALUR PREPRODUKSI MULTIMEDIA
   
1.      Title Goals /  CONCEPT DEFINITION / DEFINISI KONSEP

Tujuan
Sesuatu yang dirumuskandenganjelasdanpadarumusantujuanperludirumuskantujuanumum yang ingindicapaiolehsasaransetelahmengikuti program ayngakan di buat.
2.      Audience / Pemirsa (target audience)
Target Audience yang menjadisasaranutama program yang akan di uat. Dalampelaksanaannya( perencanaannya) perlu di tuliskansecarajelasuntuksiapa, misalnyauntuksiswa SLTP, atauuntuksiswasekolahdasar.
3.      Title Genre  /Aliran / Gaya Judul
Aliran / gaya yang akan di tampilkandalamsuatu program yang akandibuat, misalnya :dalampembuatansuatu film, si film tersebutmengambil genre horror.
4.      Marketing requirement / syaratpemasaran
Syarat-syarat yang akan di tempuhuntuknantinyamemasarkan program yang akan di buat.
5.      Budget Parameter / Parameter anggaranpembiayaan
Perencanaananggarankeuangan( pembiayaan ) yang di persiapkanuntukpembuatansuatu program.
6.      Schedule Requirement / Syarat yang ditempuhdlamdaftar
Syarat – syaratperencanaan( prosedurperencanaan ) yang harusdipersiapkanuntukmembuatsuatu program.


DESIGN / Model / Pola

1.   Story / conten / Servicw( Cerita / Isi / Pelayanan )
Isi kandungan dalam cerita yang dibua tpola untuk pemrosesan suatu program.
Pelayanan apa yang akan diberikan setelah jadinya suatu program yang di buat.


2.  Information Architectur( Arsitektur / PerencanaanInformasi )
Perancangan informasi suatu program agar diketahui halayak akan sebuah program yang akan di buat.
3.  Visual and Sound ( Yangdapat di lihatdansuara )
Tampilan antara kualitas visual/gambar dan suara yang akan ditampilkan dalam suatu program.
4.  Technical /teknis
Teknis-teknis yang dipersiapkan sebelum memproduksi suatu program.
5.  Interaction / timbalbalik
6.  Navigation / navigasi
Mengemudikan / sesuatu yang dapat memberikan arah atau minat kita.

PRODUCTION PLAN / PerencanaanProduksi

1.  Storyboard / conten outline
Rangkaian kejadian yang telah dilukiskan kemudian divisualkan dalam perangkat gambar atau sketsa sederhana pascakartu (dalampraproduksi).
2. Budgeting /penganggaran
Penganggaran pembiayaan yang lebih detail atau jelas dari budget parameter
3. Scheduling/ pembuatanjadwal
Pembuatan jadwal guna pengefektifan waktu dalam menghasilkan produksi suatu program.
4. Asset management
Pengatur asset / pemanfaatan asset  yang  kitamiliki yang di atur oleh seorang manager  ahli asset.
5. Testing / menguji
Menguji baik media atau pihak yang akan digunakan/ masuk dalam suatu program produksi.
6. Staffing/susunan kepegawaian
Susunan kepagawaian /penyusunan susunan kepegawaian  yang  akan terlibat dalam proses pembuatansuatu program.

DOCUMENTATION / DOKUMENTASI

1.   Design / pola/ model
Model apa /gayaapa yang nantinyaakanditampilkanjikasuatu program telahdibuatatau di produksi.
2.  Production Plan / PerencanaanProduksi
Perencanaan-perencanaanapasaja yang tahap demi tahapnya akan dilalui yang nantinya dalam pencapaian suatu program/produksi yang akan di hasilkan.


ASSEMBLE TEAM / REGU/TIM PASANGAN

1.   Designer / Perancang
Pihak/seseorang yang merencanakanperancangansebuahmutuuntukhasilproduksi. Dalam designer inidiantaranyaada yang dikenaldengancostum designer yaituseseorangbertugasmembuatataumemilihdantatakostum
2.  Produser
Seorangpenyandangdanadalamsebuah film.
3.  Technical designer / perancangteknik
Seorang yang berperandalam penyelarasan kostum, waktu yang tertuang dalam suasanan produksi (waktusekarang / jamanlampau), karakteristikaktordengancerita yang telah dipilih dan piñata teknik produksi dalam pengambilan gambar untuk iklan/film.
4.  Art Director / sutradaraSeni
Seorang asisten sutradara pembuatan produksi yang memperhatikan administrasi, hal yang penting sehingga departemen produksi selalu mengetahui perkembangan terbaru proses pengambilan hasil produksi. Bertanggung jawabakan kehadiran actor/aktris pada saat dan tempat yang tepat, dan juga untuk melaksanakan instruksi sutradara.
Atau biasa juga disebut sebagai pengarah artistic dari sebuah produksi.
5.  Audio Producer / ProduserSuara
Pihak yang sangat berperan dalam penyatuan dan penyelarasan  suara dari berbagai macam jenis dan bentuk suara.
6.  Writer and Editor PenulisdanPengedit/Redaktur
Writer adalah seorang  yang  bertugas menulis sebuah naskah dalam pembuatan suatu program produksi yang akan di buat.
Editor adalahseseorang yang bertugas melakukan editing pada hasil  pengambilan gambar dalam produksi atau sebutan bagi seseorang yang berprofesi sebagai ahlipemotongan gambar video dan audio.
7.  Graphis artist / garfikartis
Seseorang yang merancangdanmencetak
8.  Cameramen / kameramen
Bertugasmengambilgambilataumengoperasikankamerasaat shooting pembuatan program produksi.
9.  Programmers/programmer
Pihak yang bertugasmenyusunpemrogramansuatu program yang akan di produksi.
10. Composer/sound engineer/musicians (perubah/pengatursuara/pemain music)
Sebutan bagi pihak dalam pengerjaan dan pembagian kerja dalam masalah teknis suara.
11. Content specialist / ahliisi
Pihak atau seseorang yang mempunyai keahlian dalam penyusunan content/isi yang akan di tampilkan dalam suatu program yang nantinyaakan di produksi.
12. Technical assistant / asistenteknik
Seorang pembantu dalam penerapan teknik-teknik dalam suatu program baik dar teknik pengambilan gambar, pemrosesan suara dan lainnya.
13. Production assistant / asistenproduksi
Seseorang yang mempunyai  jabatan di dalam pembuatan film dan televise dan seseorang yang bertanggung jawab untuk berbagai aspek suatu produksi
14. Lawyer  (advokat/pengacara)
Pihakatauseseorang yang mempunyaikeahliandalambidang hokum, khususdalamhalinipengacarabertugassebagaiseseorang yang member bantuan hokum, apabilasuatusaatadamasalahdenganhalproduksi.

BUILDING PROTOYIPE / MEMBANGUN BENTUK ASLI

1. Test out design direction
     2.  Prove our new technology component
Dalamhalininantinyaadapembuktiandaripihak-pihakpembuatsuatu program bahwaakanmemunculkansuatuinovasidanteknologibarukepadahalayakuntukdapatdinikmati.
    3.   Brainstorming /pengungkapan pendapat
Hak para pihak-pihakuntukmengajukanusulan-usulanapa yang nantinyaituangkanuntukmembangunsebuah program / menentukan ide program.

CLEAR RIGHT / KEBENARAN GAMBLANG
          Maksud dalam hal ini yaitu bahwa semua segala sesuatu kebenarannya gamblang, yaitu telah disepakati oleh pihak-pihak terkait dalam proses praproduksi dari mulai concept definition sampai building prototype (isidaripoin-poinnya). Suatu produk baru harus memiliki hak cipta agar tidakdibajak ole orang lain dan untuk membuktikan kepemilikan suatu produk.

CLIENT SIGN –OFF AND FUNDING
Penandatangan kontrak dan pembiayaan

Proses Production
1.   Content Creation/ Ciptaan Isi
Maksudnya dalam hal ini dalam proses produksi, jadi semua ciptaankreasi isi yang ditampilkan perlu adanya kreativitas tinggi untuk menciptakan sebuah isi ciptaan yang sesuai dengan yang telah di konsep sebelumnya.
2.  Graphics / grafik
Adalah garisan, bulatan, kotak, bayangan, warna dll yang dibinadengan program melukis
3.  Teks / tek
Kombinasi dari beberapa huruf yang membentuk sebuah kata atau ayat yang perkataan itu menerangkan atau membincangkan suatu topic dan topic itu di kenal dengan informasi teks.
4.  Animations / animasi
Adalah paparan urutan lakaran yang di setiap satunya terdapat sedikit perbedaan yang menghasilkan satu pergerakan secara berterusan.
5.  Video
Adalah media digital yang menunjukan susunan / urutan gambar-gambar yang memberikanilusi, gambaran, sertafantasikepadagambar yang bergerak.
6.  Visual effect
Special efek di dalam motion picture, merupakanteknikkamera yang membuatilusipadapikiranpenonton. Contoh pada umumnya menggunakan teknik rear-screens projections atau gambar yang berada yang berada di belakang actor, objek miniature yang terlihat ukurannya sesuai dengan aslinya dan teknik animasi yang membuat makhluk terlihat realistis.
7.  Sound effect
Merupakan suaru-suara yang dapat memberikan gambaran suasana atau latar baik  waktu, tempat maupun suasana kegiatan atau peristiwa.
8.  Music
Perpaduanbunyi yang mempunyaiartidannilaiartistik yang tinggi.


2. Production
Adalah proses pelaksanaan produksi (shoting) yang mengacu pada persiapan yang dihasilkan
dari proses PreProduction.
A. Directing/Penyutradaraan.
Sutradara/Director adalah orang yang memimpin pelaksanaan shoting dan bertugas
mengatur bagaimana tim dalam pembuatan film seperti: aktor, cameramen, lighting,
artistik, editor & special effect artist harus tampil sebagaimana mestinya dalam
pembuatan sebuah film sesuai dengan script/naskah. Dan biasanya didamping oleh satu
orang atau lebih asisten sutradara.
B. Penguasaan Kamera & Teknik Shoting.
Anggle
Adalah sudut pandang pengambilan gambar yang dapat dilihat dari viewfinder pada
sebuah kamera film/video. Dimana pemilihan anggel sangat berperan penting dalam
menciptakan unsur artistik dan pemahaman cerita dalam pengadeganan sesuai dengan
script/naskah.
Lighting/Pencahayaan
Dalam sebuah proses pengambilan gambar diperlukan adanya aset pencahayaan yang
memadai. Baik itu didapat dari sumber natural (sinar matahari) pada shoting
exterior/luar ruang, ataupun melalui bantuan sinar lampu pada shoting interior/dalam
ruang.
Komposisi
Merupakan teknik pengaturan posisi gambar, ukuran & kedalaman ruang, perspektif &
mood adegan untuk menghasilkan citra sesuai dengan tuntutan script/naskah.
Log/Catatan Shoting
Diperlukan adanya log/catatan yang dibuat menjelaskan penandaan setiap gambar peradegan
yang sudah selesai diambil, dilengkapi dengan keterangan koordinat waktu
(timecode) pada kaset yang digunakan. Proses ini akan sangat membantu mempercepat
proses pengeditan gambar.
3.Post Production
Adalah proses penyelesain akhir (finishing) dari sebuah rangkaian produksi (shoting) yang
meliputi mengeditan gambar, penambahan title, grafik, animasi & special effects, musik, sound
effects, audio dubing, & output ke media video seperti: Betacam, DVCAM, MiniDV, & CD/DVD.
Video Standart : PAL,D1/DV
Frame Size : 720 X 576 (pixel)
Frame Rate : 25 fps
Pixel Aspect Ratio : D1/DV,PAL (4:3/1,067)
Audio : 48 kHz 16 Bit Stereo
Pembagian tahap Post Production
1. Offline :
- Capture
- Edit
2. Online :
- Compositing
- Motion Graphic
- Visual Effects
- Color Grading
- Music & Sound FX
- Titling
- 3D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Motifasi

Setiap pilihan adalah RESIKO
Jadi,setiap kita mengambil suatu keputusan harus mempertimbangkan RESIKOnya......!



Total Tayangan Halaman

div style="position: fixed; top: 0px; Right: 10px;width:130px;height:160px;">animasi  bergerak gif
My Widget